Beberapa Kelebihan & Kekurangan Berbisnis di Bidang Jasa

Bisnis jasa sendiri merupakan salah satu dari bisnis yang dapat dijalankan dengan menggunakan sebuah modal minim, namun tetap menjadi sebuah bisnis yang memiliki prospek penghasilan yang cukup menggiurkan. Ada banyak contoh bisnis dengan modal kecil yang telah berhasil meraup untung jutaan pada setiap bulannya.

Seperti seorang konsultan hukum, jasa motivator, jasa MC ataupun juga seorang pembawa acara dan juga masih banyak yang lainnya. Jika anda sedang melirik bisnis tersebut, maka agar nantinya anda lebih yakin dalam menjalankannya, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa keuntungan bisnis di dalam bidang jasa dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Beberapa Kelebihan & Kekurangan Berbisnis di Bidang Jasa

Usaha yang ada di dalam bidang jasa sendiri merupakan sebuah jenis usaha yang menjual sebuah jasa seperti tenaga, ilmu dan juga sebuah keahlian dalam bidang tertentu. Yang mana kita nantinya akan dibayar sesuai dengan jasa yang nantinya telah kita lakukan. Banyak sekali contoh usaha yang ada di dalam bidang jasa yang nantinya bisa anda lakukan, tentunya usaha yang ada di dalam bidang jasa yang nantinya harus sesuai dengan keahlian yang ada.

Bisnis jasa ini nantinya merupakan salah satu dari sebuah bisnis yang nantinya bisa dijalankan dengan modal yang cukup minim, tapi memiliki sebuah prospek penghasilan atau keuntungan yang nantinya cukup menggiurkan. Trend usaha jasa yang satu ini nantinya sedang berkembang, karena memang dari segi pendapatan sendiri bisa melebihi gaji anda nantinya selama bekerja. Berikut ini adalah keuntungan yang ada di dalam bidang jasa.

Bisnis jasa tidak memerlukan modal besar

Asalkan tidak menyasar pada sebuah bisnis jasa skala besar seperti halnya jasa transportasi, jasa pelayanan kesehatan di dalam rumah sakit dan sebagainya, tentunya Anda tidak akan mengeluarkan modal yang cukup besar. Hal terpenting yang ada di dalam bisnis jasa ini adalah sebuah tekad yang kuat, sebuah pelayanan yang baik dan juga sebuah keterampilan komunikasi dan ide yang bisa memberikan sebuah sentuhan agar anda nantinya lebih kreatif. Baik dalam pemasaran atau pun dalam hal penanganan masalah yang nantinya akan timbul.

Tidak perlu memikirkan stok

Karena bisnis jasa ini adalah sebuah bisnis yang memberikan sebuah layanan yang bersifat keterampilan, maka Anda nantinya tidak perlu memikirkan stok barang anda. Anda nantinya hanya perlu menyediakan modal pada awal berdirinya sebuah usaha. Beda halnya dengan usaha yang memiliki produk fisik. Biasanya yang nantinya harus dipersiapkan 3 kali lipat dari modal awal, karena harus mempunyai stok dan mengantisipasi apabila ada barang retur dan sebagainya.

Tidak memikirkan proses distribusi

Karena yang Anda nantinya jual adalah berbagai macam produk dalam bentuk jasa, maka Anda juga nantinya tidak akan dipusingkan dengan urusan distribusi barang, dan juga menghitung jumlah barang atau mengawasi perputaran barang yang anda jual, agar nantinya tidak terjadi penumpukan stok yang dapat merugikan usaha anda.

Tidak ada pengendapan modal

Pengendapan modal adalah salah satu dari biaya terbesar yang nantinya harus dipikul oleh seorang pengusaha yang mempunyai sebuah produk fisik. Modal yang nantinya akan mengendap biasanya karena produk yang belum terjual atau sebuah stok barang yang nantinya memang harus selalu ada demi kelancaran sebuah usaha. Beda halnya dengan menjalankan sebuah bisnis jasa, Anda nantinya tidak akan menemukan sebuah biaya karena barang anda belum terjual dan sebagainya.

Tidak memerlukan gudang

Usaha yang nantinya akan dijalankan dengan menjual jasa tidak memerlukan adanya gudang, baik gudang sementara maupun sebuah gudang utama yang digunakan untuk menyetok barang. Dengan mengetahui beberapa keuntungan yang ada di dalam bisnis jasa, diharapkan anda nantinya akan dapat memberikan sebuah pencerahan dalam mengambil berbagai macam langkah untuk dapat memulai usaha.

Kerugian Usaha di Bidang Jasa

Tentu saja tidak akan lengkap jika hanya membahas dari sisi keuntungan usaha jasa saja. Karena perlu juga dipertimbangkan beberapa kekurangan bisnis yang ada di dalam bidang jasa, sehingga anda nantinya bisa melakukan sebuah perhitungan, apakah anda nantinya mampu mengantisipasinya atau tidak, sedari awal. Berikut ini beberapa kerugian yang nantinya bisa anda alami dalam menjalankan sebuah bisnis di dalam bidang jasa :

Tantangan Strategi Promosi

Jika biasanya bisnis dengan menggunakan sebuah produk barang bisa menggunakannya ketika saat promosi, lain halnya dengan beberapa bisnis yang ada di dalam bidang jasa. Demo jelas lebih sulit untuk dapat dilakukan, sehingga ini nantinya yang akan membuat promosi usaha jasa anda relatif lebih sulit. Itulah mengapa mereka nantinya sering meminta testimoni dari para pelanggan, karena itulah yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan promosi.

Agar nantinya para calon pelanggan percaya bahwa memang produk jasa tersebut bagus dan dapat digunakan. Karena hal ini menjadi salah satu dari kekurangan usaha yang ada di bidang jasa. Karena saat masa-masa merintis sebuah usaha, maka nantinya akan sangat sulit untuk mendapatkan seorang pelanggan. Mengingat belum banyak testimoni yang akan anda didapatkan. Sehingga biasanya mereka harus memasang tarif yang murah dan berimbas pada profit yang nantinya lebih rendah.

Produk Tidak Bisa Dikembalikan (retur)

Ketika Anda menemukan sebuah sepatu atau baju yang dibeli, namun ternyata tidak pas mungkin bisa saja anda kembalikan ke toko untuk dapat menukarnya dengan yang lebih sesuai. Tapi beda cerita ketika Anda nantinya membeli produk dalam bentuk jasa, tidak mungkin bisa diretur. Lagipula, apa yang nantinya hendak Anda kembalikan?

Hal ini yang juga menjadi salah satu dari kekurangan usaha yang di bidang jasa, lebih sulit untuk membuat pelanggan nantinya merasa loyal. Karena ketika pelanggan sudah terlanjur kecewa dengan produk, maka nantinya tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kekecewaan tersebut.

Kualitas Produk Diketahui di Akhir

Hal ini juga menjadi salah satu dari kekurangan bisnis bisnis yang ada di bidang jasa, yakni kualitas produknya baru bisa diketahui jika nantinya pelanggan sudah setelah terlanjur membeli. Misalkan saja ketika Anda ke jasa sebuah spa, Anda baru menyadari jika kualitas layanannya, setelah membeli dan merasakannya langsung.

Memang benar ada beberapa testimoni dari pelanggan sebelumnya, tapi meskipun hal itu terlihat bagus, belum tentu yang nantinya akan Anda mendapatkan sama. Hal itu karena apa yang akan didapatkan setiap orang bisa saja berbeda hasilnya.

Demikian itulah beberapa kelebihan dan kekurangan membuka sebuah usaha di dalam bidang jasa. Setiap usaha yang dilakukan tentunya punya untuk dan ruginya masing-masing, semuanya harus anda jalankan secara maksimal. Terlebih sebuah usaha jasa adalah usaha yang memiliki banyak tantangan karena tidak mempunyai produk yang nyata.